Rabu, 20 November 2019

Ms. Excel

Asalamualaikum wr.wb
Saya Nur suhaila

Saya akan menjelaskan tentang perangkat lunak pengolah angka ( Ms. Excel ) 


   Pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft Corporation.Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel  


Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat pada bar atau baris menu. Masing-masing menu memiliki sub menu perintah yang memiliki fungsi tersendiri. Menu tersebut antara lain :

   Menu File

Dalam menu file terdapat submenu yan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Submenu tersebut adalah :
  • New digunakan untuk membuat lembar kerja baru.
  • Open digunakan untuk membuka dokumen.
  • Close digunakan untuk menutup jendela workbook.
  • Save digunakan untuk menyimpan data.
  • Save As digunakan untuk menyimpan data yang belum memiliki nama.
  • Save As Web Page digunakan untuk menyimpan kedalam halaman web.
  • Save Workspace digunakan untuk menyimpan sebagai file workspace.
  • File Search digunakan untuk mencari file workbook.
  • Permission digunakan untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut.
  • Web Page Preview digunakan untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Page Setup digunakan untuk mengatur setting halaman.
  • Print Area digunakan untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print Preview digunakan untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak.
  • Print digunakan untuk mencetak data.
  • Send To digunakan untuk mengirimkan file.
  • Properties digunakan untuk Membuat ringkasan file yang aktif.
  • Exit digunakan untuk menutup program Microsoft Excel.

        Menu Edit

Dalam menu edit terdapat submenu yang memiliki fungsi :
  • Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir.
  • Redo digunakan untuk membatalkan perintah Undo.
  • Cut digunakan untuk memotong naskah.
  • Copy digunakan untuk membuat duplikat naskah.
  • Office Clipboard digunakan untuk menampilkan jendela Cilpboard.
  • Paste digunakan untuk pasangan Cut dan Copy.
  • Paste Spesial digunakan untuk membantu perintah Copy dan Cut.
  • Paste as Hyperlink digunakan untuk membantu perintah Copy dan Cut dengan Hyperlink.
  • Fill digunakan untuk mengisi data pada sel dan range pada lembar kerja.
  • Clear digunakan untuk menghapus data.
  • Delete digunakan untuk menghapus dan memindahkan data.
  • Delete Sheet digunakan untuk menghapus sheet.
  • Move or Copy Sheet digunakan untuk memindahkan dan menyalin sheet pada lembar kerja.
  • Find digunakan untuk mencari data.
  • Replace digunakan untuk mengganti data.
  • Go To digunakan untuk memindahkan sel yang aktif ke sel yang lain.

       Menu View

Dalam menu view trdapat submenu yan memiliki fungsi :
  • Normal digunakan untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal.
  • Page Break Preview digunakan untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja.
  • Task Pane digunakan untuk membuka tampilan perintah.
  • Toolbars digunakan untuk menampilkan toolbar.
  • Formula Bar digunakan untuk memunculkan baris rumus.
  • Status Bar digunakan untuk memunculkan status bar.
  • Header and Footer digunakan untuk membuat header dan footer.
  • Comments digunakan untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja.
  • Custom Views digunakan untuk menyimpan area cetak pada workbook.
  • Full Screen digunakan untuk menampilkan layer secara penuh.
  • Zoom digunakan untuk mengganti ukuran lembar kerja.

       Menu Insert

Dalam menu insert terdapat submenu yang memiliki fungsi :
  • Cell digunakan untuk menyisipkan sel.
  • Rows digunakan untuk menambah beris sel.
  • Columns digunakan untuk menambah kolom.
  • Worksheet digunakan untuk menyisipkan lembar kerja.
  • Chart digunakan untuk membuat grafik.
  • Symbol digunakan untuk menyisipkan symbol.
  • Page Break digunakan untuk membuat halaman yang terpotong.
  • Function digunakan untuk memasukkan rumus fungsi logika.
  • Name digunakan untuk memberi nama range data.
  • Comment digunakan untuk memberi catatan pada lembar kerja.
  • Picture digunakan untuk menyisipkan gambar.
  • Diagram digunakan untuk membuat diagram.
  • Object digunakan untuk memasukkan gambar.
  • Hyperlink digunakan untuk menghubungkan berkas dengan file.

         Menu Format format table

  • Conditional Formating digunakan untuk memformat nilai data sel
  • Style digunakan untuk mengubah data pada lembar kerja

       Kelebihan Ms Excel

  • Berikut kelebihan dari Microsoft Excel adalah.
  • Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet.
  • Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
  • Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
  • Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
  • Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

      Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki banyak sekali fungsi diantaranya :
  • Membuat sebuah laporan keuangan
  • Membuat Daftar Nilai
  • Membuat daftar hadir
  • Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  • Menghitung Kurs Mata Uang
  • Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  • Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  • Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
  • Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat, sebab Ms. Excel dapat :
  • Menemukan dengan cepat pola dalam data.
  • Tepat di titik sasaran – datanya valid, prosesnya pun cepat.
  • Kita bisa mengakses Spreadsheet kita darimana saja.
  • Co-Authoring melalui aplikasi Web Microsoft Excel memudahkan kita mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain, meskipun di lokasi yang berbeda.
  • The PowerPivot untuk Excel add-in , download gratis, menyediakan teknologi inovatif seperti integrasi efisien data dari berbagai sumber dan-cepat kilat manipulasi set data besar dengan sampai jutaan baris.

        Kekurangan Ms Excel

Berikut kekuragan dari Microsoft Excel adalah.
  • Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  • Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  • Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar